Syirik besar ada empat macam



1. Syirik Dakwah (doa):
Yaitu di samping dia berdoa kepada Allah Subhanahu waTa'ala ia berdoa kepada selainNya. Allah Subhanahu waTa’ala berfirman,
Artinya:"Maka apabila mereka naik kapal mereka berdoa kepada Allah de-ngan memurnikan ketaatan kepadaNya; maka tatkala Allah menye-lamatkan mereka sampai ke darat, tiba-tiba mereka (kembali) mem-persekutukan (Allah)." (Al-Ankabut: 65).
2. Syirik Niat, Keinginan dan Tujuan:
Yaitu ia menujukan suatu bentuk ibadah kepada selain Allah Ta’ala. Allah Subhanahu waTa’ala berfirman,
Artinya:"Barangsiapa menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, nis-caya Kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan. Itulah orang-orang yang tidak memperoleh di akhirat, kecuali neraka, dan lenyaplah di akhirat itu apa yang telah mereka usaha-kan di dunia, dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan." (Hud: 15-16).
3. Syirik Keta'atan:
Yaitu menaati selain Allah q dalam hal maksiat kepada Allah Ta’ala. Allah Subhanahu waTa’ala berfirman,
Artinya:"Mereka menjadikan orang-orang alimnya dan rahib-rahib mereka sebagai tuhan selain Allah, dan (juga mereka mempertuhankan) al-Masih putra Maryam; padahal mereka hanya disuruh menyembah Ilah Yang Maha Esa; tidak ada Ilah (yang berhak disembah) selain Dia. Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan." (At-Taubah: 31).
4. Syirik Kecintaan (Mahabbah):
Yaitu menyamakan selain Allah Subhanahu waTa’ala dengan Allah Subhanahu waTa’ala dalam hal kecintaan. Allah Subhanahu waTa’ala berfirman,
Artinya:"Dan di antara manusia ada orang-orang yang menyembah tandi-ngan-tandingan selain Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah." (Al-Baqarah: 165).

Comments

Popular Posts